Rabu, 11 Februari 2009

BAZ Kabupaten Sukabumi Raih Penghargaan. Pengumpulan Dana Zakat Capai Rp.10 Miliyar

Sukabumi, Jurnal Bogor
Pengelolaan zakat oleh Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Sukabumi menunjukkan prestasi gemilang. Pada tahun lalu, pendapatan lembaga pengelolaan zakat tersebut meningkat 100 persen dari pendapatan tahun sebelumnya. Prestasi tersebut sebagai indikasi semakin meningkatnya kesadaran masyarakat didaerah Kabupaten Sukabumi untuk menyalurkan zakat melalui lembaga tersebut. Selain itu, baiknya pengelolaan zakat sehingga BAZ Kabupten Sukabumi dinobatkan oleh BAZ Nasional sebagai yang terbaik.
Ketua BAZ Kabupaten Sukabumi, K.H Mustafa Kamal mengatakan, meningkatnya hasil pengumpulan zakat di daerah tersebut tak lepas dari kesadaran dari muzakki yang menyalurkan zakat kelembaga tersebut. Pada tahun 2007, hasil pengumpulan zakat sebesar Rp 5 miliar dan pada tahun 2008 lalu meningkat 100 menjadi Rp 10 miliar.
“Kita menargetkan, pada tahun 2009 ini, hasil pengumpulan zakat dari muzakki sebesar Rp 20 miliar,”ujar Mustafa Kamal kepada sejumlah wartawan di Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi , Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi , kemarin.
Dikatakannya, rasa optimis tersebut didasari masih banyaknya potensi zakat yang belum tergali secara maksimal. Pengumpulan Zakat profesi guru dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) terus tingkatkan.Untuk mencapai target tersebut, pihaknya telah membuka Unit pengumpulan Zakat (UPZ) diberbagai sekolah dan Pos Pungutan Zakat (PPZ) di insatansi pemerintah. Unit dan pos tersebut terang dia, sebagai kepanjangan tangan BAZ Kabupaten Sukabumi yang tersebar di seluruh kecamatan.
“Jika seluruh dari sekitar 10 ribu guru di Kabupaten Sukabumi menyalurkan zakat profesi ke BAZ, bisa menghasilkan zakat sekitar Rp 600 juta perbulan.. Itu belum dari PNS dilingkungan Pemda dan pengusaha. Bahkan, jika seluruh masyarakat yang wajib zakat menyalurkan zakatnya, maka akan terkumpul dana sebesar Rp 540 miliar pertahun,”ungkapnya.
Dana yang terkumpul katanya, disalurkan untuk kepentingan masyarakat baik dalam meningkatkan kesehatan, pendidikan dan memberantas kemiskinan. Selain delapan asnab yang ditentukan dalam Islam. “Untuk fakir miskin dialokasikan sebesar 45 persen,”jelasnya.
Untuk meningkatkan pelayanan dan pengelolaan zakat, dalam waktu dekat, pihaknya akan membangun Gedung Pusat Pelayanan Zakat (PPZ) yang berlokasi di komplek Islamic Centr e, Cisaat. Sedikitnya dibutuhkan dana sebesar Rp 2 miliar untuk mewujudkannya. Pembangunannya dilaksanakan secara bertahap dan direncanakan akhir tahun ini sebagian sudah bisa digunakan.
“Dana membangun gedung PPZ merupakan partisipasi masyarakat dan bantuan Pemkab Sukabumi,”ujarnya.
Pada kesempatan yang sama, Bupati Sukabumi, H.Sukmawijaya mengungkapkan rasa gembiranya atas dinobatkannya BAZ Kabupaten Sukabumi sebagai BAZ terbaik se Indonesia dan dianugerahi Zakat Award. Piala diserahkan oleh Menteri Agama RI , M. Maftuh Basyuni dan disaksikan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono. BAZ Kabupaten Suakbumi terbaik I untuk kategori Inovasi penghimpunan dana, terbaik I untuk kategori kreatifitas program dan masuk finalis dalam kategori kelembagaan BAZ.
“Ini berkat kerjasama antara masyarakat, pemerintah dan pengelola zakat,”ujar bupati.
Menurutnya, jika dikelola dengan baik, diyakini BAZ mampu menyelesaikan persoalan sosial kemasyarakatan seperti kemiskinan, kesehatan masyarakat. Untuk pemda akan terus mendorong peningkatan kinerja BAZ. Dengan adanya lembaga BAZ, kata Sukma, akan diperoleh tambahan dana untuk mensimulasi pembangunan daerah itu. Budi Darmawan

3 komentar:

  1. yang harus dibanggakan bukan pengumpulannya,tapi pendistribusiannya,sudah benar atau tidak menurut Syar'i,karena Zakat bukan aturan manusia tapi aturan Alloh, ingat di Akhirat nanti BAZ akan di Hisab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
      telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
      sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
      punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
      kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
      Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
      tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
      lagi…terima kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
      masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
      dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
      dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

      Hapus
  2. setuju pa bohel,,saya selaku Ketua Dpw Ormas BRANTAS Kab Sukabumi akan mempertanyakan dengan detail,,bagaimana cara pembagian nya,,siapa saja yang sudah mendapatkan,,,dan saya akan menanyakan Blueprint dana BAZ dari tahun 2010 s/d 2015..
    Insya allah dalam waktu dekat ini saya akan melayangkan surat Audiens atau Aksi demo untuk BAZ..

    BalasHapus