Rabu, 04 Februari 2009

Atasi Kemacetan Jalan Cikole Dalam

Atasi Kemacetan Jalan Cikole Dalam

Sukabumi,...........
Lajur jalan di sekitar Pemkot Sukabumi, salah satunya yakni Jl. Cikole dalam belakang Kantor Pemda Kota Sukabumi yang tadinya dua arah akan dirobah menjadi satu arah. Hal itu untuk mengatasi kemacetan lalu lintas yang kerap terjadi. Perubahan arus kendaraan ini paling tidak dapat mengatasi kemacetan yang terjadi setiap hari terutama pada saat jam berangkat dan pulang kantor juga sekolah.
Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Andri Setiawan mengatakan, selain mengamati langsung , pihaknya sering mendapat keluhan dari masyarakat baik yang akan berangkat kerja maupun mengantar anaknya ke sekolah. “Kebetulan jalan itu sebagai akses jalan menuju sekolah dan balai kota. Karena kendaraan menumpuk sehingga mengakibatkan kemacetan,”katanya di ruang kerjanya, kemarin.
Namun sebelumnya terlebih dahulu dilakukan sosialisai dengan uji coba. Hal itu untuk mengetahui pengaruh dari perubahan arus kendaraan. “Besok (hari ini-red) kita akan lakukan uji coba untuk mensosilisasikan kepada pengendara,”ujarnya.
Untuk melakukan perobahan arus tersebut, pihaknya telah melakukan kordinasi dengan Polresta Sukabumi. Bahkan telah melakukan rapat khusus beberapa waktu lalu yang dipimpin oleh wakil Walikoat Sukabumi, H.Mulyono. “Bersama Kasat Lantas, kita bersama-sama memantau langsung uji coba,”ujarnya.
Perubahan arus kendaraan, kata Andri hanya dalam waktu tertentu saja.. Pagi pada pukul 06.30 hingga pukul 08.00. Sedangkan siang hari pada pukul 12.00 hingga pukul 02.00. Jalan Dewi Sartika dan jalan Perpustakaan akan dijadikan satu arah. Kendaraan hanya boleh masuk dari arah jalan Suryakancana menuju Jalan Dewi sartika atau berbelok ke Jalan Perpustakaan. “Kita akan lakukan uji coba sampai benar-benar efektif,”jelasnya.
Selain itu, Andri juga tengah mencari solusi untuk perubahan arus kendaraan persimpangan Jalan Jend. A.Ayani –A.Rahman Hakim. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di persimpangan tersebut. Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan memasang rambu lalu lintas di persimpangan Jalan palabuhan dan Cikondang. “Kita masih pikirkan apakah harus dipasang Traffick light atau cukup dengan marka jalan saja,”ujarnya. Budi Darmawan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar